Mencegah Sakit pada Leher

Sakit leher bisa menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, serta mengganggu kenyamanan Anda untuk tidur nyenyak. Berdasarkan hasil penelitian pada 2010, lebih dari 17% wanita dan lebih dari 12% pria mengalami kekakuan atau sakit pada leher.

Leher Anda terdiri dari tulang belakang yang memanjang dari tengkorak ke tubuh bagian atas. Tulang, ligamen, dan otot leher Anda menopang kepala Anda dan memungkinkan untuk bergerak. Kelainan, peradangan, atau cedera apa pun dapat menyebabkan sakit leher atau kekakuan pada leher.

Sebenarnya Anda dapat mencegah terjadinya sakit leher dengan beberapa perubahan gaya hidup dan alat kerja yang ergonomis. Pencegahan tersebut juga dapat membantu Anda menghentikan beberapa kebiasaan buruk, seperti postur tubuh yang buruk. Selain itu, olahraga secara teratur dapat menguatkan otot-otot Anda dan mencegah leher tegang atau cedera.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah sakit leher:

  1. Bantal baru

Dalam hal kenyamanan dan dukungan untuk leher pada saat Anda tidur, memiliki bantal yang tepat sangatlah penting. Gunakanlah bantal yang dapat menjaga tulang belakang leher Anda tetap lurus. Yang artinya, lekuk alami leher Anda ditopang dan dipertahankan.

  1. Menciptakan tempat kerja yang ergonomis

Banyak orang bekerja di meja komputer selama 8 jam setiap hari atau bahkan lebih. Hal ini dapat menyebabkan leher sakit dan juga penyakit lainnya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah leher kaku saat bekerja:

  • Sesuaikan kursi Anda ke posisi yang nyaman dengan kaki Anda rata di lantai dan lutut Anda sedikit lebih rendah dari pinggul Anda.
  • Gunakan postur ergonomis sambil duduk, dengan punggung lurus dan lengan setinggi meja.
  • Sesuaikan komputer Anda sehingga setinggi mata.
  • Gunakan keyboard dan mouse yang ergonomis.
  • Berdiri untuk meregangkan tubuh dan bergerak setiap jam.
  1. Menghindari ketegangan otot leher dari penggunaan ponsel

Bermain ponsel atau perangkat seluler Anda untuk jangka waktu yang lama akan membuat Anda merasa tegang. Seiring dengan berjalannya waktu, stres tambahan pada sendi, ligamen, dan cakram di leher Anda dapat menyebabkan perubahan degeneratif dini di leher Anda. 

Tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari sakit leher adalah:

  • Menaikkan ponsel atau perangkat seluler setinggi mata
  • Mengurangi waktu bermain ponsel
  • Meletakkan tangan dan perangkat di bantal
  • Beristirahat setiap jam
  1. Hindari mengemudi dalam waktu lama

Sama halnya seperti duduk sepanjang hari, duduk di belakang kemudi mobil dapat memengaruhi leher Anda. Jika Anda harus mengemudi dalam waktu lama, berikut beberapa tips untuk mencegah leher sakit:

  • Beristirahatlah untuk berdiri dan meregangkan tubuh.
  • Periksa postur Anda ketika mengemudi secara konsisten
  • Atur posisi duduk Anda pada posisi yang memberikan kenyamanan dan posisi yang baik.
  • Hindari bermain ponsel sambil mengemudi. Selain ilegal, berbahaya, hal ini juga buruk bagi leher Anda.
  1. Membawa beban yang rata bagi tubuh

Kesalahan umum yang dilakukan kebanyakan orang adalah membawa tas hanya di satu sisi tubuh. Beban yang tidak rata ini dapat menyebabkan bahu Anda menjadi tidak rata dan membuat otot-otot leher Anda tegang.

Pada umumnya, sakit leher tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika sakit leher Anda terjadi dengan gejala lain yang lebih serius, seperti nyeri secara terus menerus, lemas, atau mati rasa pada lengan atau kaki, segera kunjungi dokter Anda.

Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>