Manfaat Kumur dengan Air Garam

Kumur dengan air garam untuk kesehatan sudah dilakukan sejak dahulu. Pasalnya hal berkumur dengan air garam bermanfaat untuk meredakan radang tenggorokan, mengatasi infeksi pernapasan, hingga mengobati alergi. TIdak hanya untuk orang dewasa, berkumur dengan air garam aman dilakukan bagi anak-anak yang berusia 6 tahun ke atas dan bisa berkumur sendiri. Untuk meraih manfaat kumur dengan air garam, Anda hanya memerlukan air dan garam saja. Berikut adalah sejumlah manfaat kumur dengan air garam yang bisa Anda dapatkan.

  • Meredakan sakit gigi

Jika Anda sakit gigi, Anda tidak bisa langsung berobat ke dokter gigi. Dokter baru bisa mengobatinya ketika gigi tak lagi nyut-nyutan. Nah berkumur dengan air asin bisa Anda jadikan cara cepat untuk mengobati sakit gigi.

  • Meredakan gejala sariawan

Sariawan di mulut dapat terasa nyeri, terutama saat terbentur makanan yang sedang dikunyah. Namun tenang, salah satu manfaat kumur dengan air garam adalah meredakan gejala sariawan. Berkumur dengan air garam dipercaya dapat mengatasi peradangan yang disebabkan oleh sariawan. Sebuah studi bahkan menjelaskan bahwa berkumur dengan air garam direkomendasikan sebagai obat alami yang ampuh mengatasi sariawan pada anak-anak.

  • Menjaga kesehatan mulut

Manfaat kumur dengan air garam selanjutnya adalah menjaga kesehatan mulut. Air garam dipercaya mampu membasmi bakteri dari mulut sekaligus menjaga gusi dari penyakit. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi yang menyatakan bahwa manfaat kumur dengan air garam dapat mengurangi jumlah bakteri di dalam air liur. Selain itu, air garam juga dianggap efektif dalam mencegah radang gusi, periodontitis, dan gigi berlubang.

  • Mengatasi radang tenggorokan

Salah satu manfaat kumur dengan air garam yang paling populer adalah mengatasi radang tenggorokan. Air garam sebagai salah satu pengobatan untuk radang tenggorokan. Menurut para ahli, berkumur dengan air garam dapat memancing virus penyebab radang tenggorokan untuk keluar dari mulut. Air garam dianggap paling efektif untuk mengatasi radang tenggorokan ringan yang disebabkan oleh penyakit pilek dan flu.

  • Meredakan reaksi alergi

Perlu diketahui, peradangan pada tenggorokan dapat menyebabkan munculnya reaksi alergi. Namun tenang saja, gejala reaksi alergi akibat radang tenggorokan dengan berkumur air garam. Meski begitu, bukan berarti berkumur dengan air garam dapat mencegah reaksi alergi. Ingat, berkumur dengan air garam hanya dapat meredakan rasa tidak nyaman akibat alerginya saja.

  • Mengobati infeksi pernapasan dan sinus

Infeksi saluran pernapasan, seperti pilek, flu, mononukleosis dan sinusitis (infeksi sinus), ternyata dapat diredakan dan dicegah dengan air garam. Dalam sebuah penelitian, 338 peserta mengalami penurunan risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas setelah berkumur dengan air garam.

  • Mencegah bau mulut

Halitosis adalah istilah medis untuk bau mulut. Ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti makanan atau masalah kesehatan tertentu. Berkumur dengan air asin dapat menetralkan bakteri yang jadi penyebab bau mulut akibat makanan. Garam bisa mengubah pH mulut sehingga menghambat produksi mikroorgansime bakteri yang bikin napas bau.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>