Manfaat Belerang: Apa Yang Perlu Diketahui?

Manfaat belerang pada umumnya digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk anti jerawat.

Belerang merupakan salah satu unsur yang digunakan untuk pupuk dan mengobati jerawat pada kulit. Belerang atau sulfur sudah menjadi tradisi sebagai bahan untuk mengatasi jerawat. Banyak produk kesehatan kulit yang menggunakan belerang sebagai bahan utama untuk mencegah jerawat. Manfaat belerang cukup bervariasi.

Belerang merupakan unsur alami yang ada di dalam tubuh manusia. Belerang membantu kesehatan manusia selain kalsium dan fosfor. Belerang tidak hanya terdapat pada tubuh manusia, namun juga dari makanan seperti bawang, telur, dan makanan lain yang kaya akan protein.

Belerang terkenal karena memiliki aroma yang kurang sedap dan menyengat seperti telur busuk. Meskipun memiliki aroma yang tidak sedap, belerang telah menjadi untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, ketombe, bahkan kutil.

Manfaat belerang telah dipercaya orang-orang untuk mencegah masalah pada kulit sehingga banyak produk yang menawarkan bahan tersebut. Anda bisa menemukan produk-produk yang memiliki bahan ini seperti sabun, losion, dan masker.

Manfaat Belerang

Tidak hanya ditawarkan dalam serangkaian produk kesehatan, namun belerang juga memiliki beberapa manfaat untuk menjaga kulit. Manfaat belerang antara lain:

  • Mengatasi jerawat

Manfaat utama pada belerang adalah untuk mengatasi jerawat pada kulit. Cara kerja belerang serupa dengan benzoil peroksida dan asam salisilat.

Menurut The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, belerang sebaiknya digunakan untuk mencegah jerawat yang memiliki ukuran sedang, merupakan jenis komedonal, dan yang meradang. Belerang tidak efektif dalam mengatasi jerawat yang kondisinya parah.

Anda dapat memilih obat jerawat yang memiliki kandungan belerang yang disertai dengan resorsinol atau sodium sulfacetamide. Bahan-bahan tersebut tidak hanya mengatasi jerawat dengan mengurangi peradangan, namun juga dengan melembabkan kulit.

Anda bisa mengkombinasikan belerang dengan obat jerawat lain untuk mengatasi jerawat lebih cepat. Namun, Anda sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu masalah ini dengan dokter jika Anda tidak yakin obat jerawat seperti apa yang perlu digunakan, apalagi jika jerawatnya dalam keadaan parah.

  • Memudarkan bekas jerawat

Selain untuk mencegah jerawat, belerang digunakan untuk memudarkan bekas jerawat. Penggunaan belerang pada kulit belum tentu sepenuhnya efektif karena terkadang noda pada kulit susah dihilangkan. Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter jika Anda perlu obat jerawat lain atau tidak. 

  • Mengurangi sebum dan mengelupas sel kulit mati

Belerang juga digunakan untuk mengurangi sebum dan mengelupas sel kulit mati. Sebum menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga bakteri menimbulkan jerawat pada kulit. Selain itu, belerang dapat digunakan untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori kulit.

  • Mengatasi rosacea

Rosacea merupakan penyakit yang terjadi pada kulit dengan menunjukkan bercak-bercak kulit kemerahan. Rosacea biasanya terjadi di bagian dahi, hidung, atau pipi. Penyebab rosacea belum pasti, namun kemungkinan disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan.

Belerang dapat digunakan untuk mencegah rosacea. Penggunaan belerang sama efektifnya dengan obat antibiotik tetrasiklin. Untuk mengatasi rosacea, Anda dapat mengoleskan krim belerang pada wajah hanya sekali tiap hari selama 8 minggu.

  • Mengatasi kulit gatal

Belerang tentunya juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit gatal. Gigitan tungau adalah faktor penyebab terjadinya kulit gatal. Tungau merupakan hewan kecil yang serupa dengan serangga. Tungau tidak memiliki mata atau sayap, serta memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga manusia tidak sadar jika mereka digigit oleh hewan ini.

Tidak hanya menimbulkan gatal-gatal, namun juga menimbulkan kemerahan pada kulit. Cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengoleskan salep berbahan belerang. Anda cukup mengoleskan ke bagian kulit yang terkena gatal pada malam hari selama 3 hingga 6 malam.

Efek Samping

Walaupun manfaat belerang baik bagi kulit, belerang, seperti obat lainnya, memiliki efek samping berupa kulit kering, terkelupas, gatal, dan kemerahan. Jika Anda tidak yakin untuk menggunakan obat yang mengandung belerang, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan yang lebih cocok untuk mengatasi kulit Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>