Kenali Ciri-ciri Mata Sehat dan Cara Menjaganya

Memiliki mata sehat adalah hal penting untuk keberlangsungan hidup. Masalah pada penglihatan akan memberikan dampak besar pada aktivitas harian hingga berdampak pada penurunan produktivitas.

Dilansir dari Health, di Amerika Serikat terdapat sekitar 21 juta orang yang memiliki masalah pada penglihatannya. Mulai dari penyakit yang relatif ringan dan jinak hingga yang serius. Seperti rabun jauh, hingga kondisi mata lain seperti glaukoma ataupun degenerasi makula terkait usia.

Banyak orang yang baru menyadari adanya penyakit mata di usia paruh baya, ketika kondisinya sudah semakin parah. Padahal dengan mendeteksi dan mengobati penyakit mata sedini mungkin dapat menghindari seseorang dari kebutaan atau kehilangan penglihatannya.

Ciri-ciri Mata Sehat

Definisi mata sehat adalah mata yang penglihatannya jelas, kondisi mata bersih, dan tidak merasa gejala penyakit tertentu. Berikut ciri-ciri mata yang sehat lebih jelasnya.

  • Penglihatan Jelas

Penglihatan yang jelas dapat diukur dengan ketajaman visual pada jarak 6 meter atau 20 kaki. Ada istilah penglihatan 20/20 untuk mengungkapkan ketajaman mata tersebut. Jika Anda mampu melihat sesuatu dari jarak tersebut, maka Anda masih memiliki penglihatan yang jelas.

  • Kelembapan Mata Baik

Seperti yang diketahui, mata dilapisi oleh air mata yang fungsinya untuk membuat mata tetap lembap dan terasa nyaman. Ketika air mata ini mengalami kegangguan, maka membuat mata terasa tidak nyaman dan kering. Penyebabnya bisa karena dehidrasi, mata lelah, kondisi lingkungan, peradangan, faktor usia yang bertambah, hingga adanya gangguan kelenjar air mata.

Jika Anda mengalami kondisi ini, bisa diatasi dengan memberikan air mata buatan, menjaga asupan gizi, serta minum air putih yang banyak. Namun, jika kondisi terjadi terus menerus, ini mengindikasikan adanya gangguan mata atau penyakit mata lainnya.

  • Sklera Mata Berwarna Putih Bersih

Sklera atau bagian putih mata yang sehat adalah berwarna putih. Jika warnanya kuning, cokelat, abu atau kebiruan, kondisi tersebut mengindikasikan gangguan kesehatan oada tubuh. Sklera berwarna merah bisa menandakan mata mengalami iritasi yang disebabkan oleh debu hingga infeksi virus atau bakteri. Bahkan mata merah bisa disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah.

  • Mata Tidak Sakit

Tentu saja mata yang sehat tidak akan merasakan sakit yang mengganggu. Jika merasa ada sesuatu yang mengganjal di mata seperti bengkak, gatal, poerih, nyeri, dan terasa mengganjal lainnya, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Agar mata Anda selalu sehat dan tetap terjaga, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Menjaga Asupan Makanan

Kesehatan mata dapat dijaga dengan menjaga asupan makanan yang bergizi dan sehat. Nutrisi yang baik untuk kesehatan mata adalah asam lemak omega-3, vitamin A, C, dan E, lutein, zinc, yang dapat menjaga kesehatan mata Anda, terlebih pada masalah mata yang berkaitan dengan usia.

  • Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Agar tubuh tetap terjaga kelembapannya, cobalah minum air yang cukup setidaknya 8 gelas sehari. Hal ini juga akan menjaga kondisi mata tetap terhidrasi dengan baik.

  • Mengistirahatkan Mata

Mata juga butuh istirahat yang cukup seperti bagian tubuh yang lain. Apalagi jika Anda selalu bekerja di depan layar laptop atau smartphone, Anda bisa menggunakan metode 20-20-20. Metode ini maksudnya setelah 20 menit menatap layar, istirahatkan mata untuk melihat objek sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Mata juga butuh tidur yang cukup agar tetap sehat.

  • Memijat Area Mata

Sirkulasi area mata akan meningkat dengan melakukan pijatan ringan di sekitar mata. Treatment ini akan mengurangi peradangan serta agar tidak muncul lingkaran hitam di bagian mata.

  • Mengenakan Kacamata Hitam

Saat keluar rumah di siang hari, penting untuk menggunakan kacamata hitam agar melindungi mata dari sinar ultraviolet. Mata yang terlalu sering terpapar sinar matahari dapat meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula.

  • Berhenti Merokok

Jika ingin memiliki mata sehat, sebaiknya berhentilah merokok. Merokok dapat meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, serta kerusakan saraf optik.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>