Jenis-Jenis Asam Amino Esensial yang Penting untuk Tubuh

Begitu rumit tubuh melakukan kerjanya. Suatu mekanisme panjang dan melibatkan banyak komponen di dalam tubuh. Semuanya saling berkait dan membentuk sebuah sinergitas. Dalam menjalankan mekanismenya, tubuh membutuhkan zat atau senyawa untuk nantinya menghasilkan sesuatu yang lain. Salah satu yang diperlukan tubuh adalah asam amino. Dalam perjalanannya diketahui bahwa tubuh harus mendapatkan 20 asam amino agar tetap seimbang. Dari 20 itu, manusia wajib memenuhi 9 di antaranya, 9 itulah yang disebut asam amino esensial.

Asam amino, utamanya asam amino esensial, adalah senyawa yang dibutuhkan untuk membuat protein. Dalam serangkaian mekanisme tubuh, protein yang didapat dari asam amino itu berfungsi untuk membangun otot, mengangkut nutrisi, mencegah penyakit, dan masih banyak lagi lainnya.

Tubuh kemudian menggabungkan asam amino dengan berbagai cara untuk melakukan fungsi tubuh. Nah dari kesembilan jenis asam amino esensial, masing-masing jenis itu memainkan peranannya sendiri-sendiri dan satu sama lain. Bila tubuh kekurangan atau malah tidak sama sekali mendapatkan asam amino esensial, perlahan ia akan kehilangan fungsinya dan merusak tatanan kerja yang sudah amat sistematis itu.

Tahukah Anda 9 jenis asam amino yang masuk ke dalam kelompok asam amino esensial ini? Apa saja kegunaan dan fungsinya? Serta melalui bahan makanan apa Anda bisa mendapatkan itu? Berikut rinciannya:

  1. Triptofan

Selain berperan dalam pertumbuhan bayi, triptofan juga dibutuhkan untuk memproduksi melatonin (hormon pengatur tidur) dan serotonin (hormon yang mengatur nafsu makan, tidur, suasana hati, dan rasa sakit).

Kekurangan triptofan dapat menyebabkan kondisi yang disebut pellagra, yang dapat menyebabkan demensia, ruam kulit, dan masalah pencernaan. Sumber makanan dengan kandungan triptofan di antaranya, bayam, rumput laut, putih telur, dan ikan.

  • Valin

Valin berperan dalam fokus mental, koordinasi otot, dan ketenangan emosional. Kamu dapat menggunakan suplemen valin untuk pertumbuhan otot, perbaikan jaringan, dan sumber energi.

Kekurangan asam amino ini dapat menyebabkan insomnia dan penurunan fungsi mental. Untuk itu konsumsi selada air, kalkun, dan bayam sebagai sumber valin.

  • Isoleusin

Isoleusin terdapat dalam jaringan otot dan mengatur tingkat energi. Peran lainnya yaitu membantu penyembuhan luka, kekebalan, pengaturan gula darah, dan produksi hormon.

Umumnya kekurangan isoleusin lebih rentan terjadi pada orang dewasa dan kemungkinannya terus meningkat seiring pertambahan usia. Kekurangan ini dapat menyebabkan pengecilan otot dan tremor.

Sumber makanan yang mengandung isoleusin di antaranya daging domba, ayam, tuna, dan kedelai.

  • Lisin

Asam amino ini berperan penting dalam membangun otot, menjaga kekuatan tulang, membantu pemulihan dari cedera atau operasi, memproduksi enzim, dan mengatur hormon. Para pakar juga cenderung percaya jika lisin kemungkinan juga memiliki efek antivirus.

Meski tidak ada banyak penelitian yang menunjukkan tentang kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan lisin, ada satu temuan melalui penelitian pada tikus, bahwa kekurangan lisin dapat menyebabkan kecemasan yang disebabkan oleh stres.

Makanan yang mengandung lisin adalah ikan tuna, dada ayam, dan kalkun.

  • Histidin

Asam amino esensial satu ini memfasilitasi pertumbuhan, pembentukan sel darah, dan perbaikan jaringan. Ini juga membantu mempertahankan pelindung khusus yang menutupi sel-sel saraf (selubung mielin).

Dalam tubuh histidin diproses menjadi histamin yang mana nantinya berperan penting untuk mempengaruhi sistem kekebalan, kesehatan reproduksi, dan pencernaan. Hasil penelitian yang melibatkan wanita obesitas dan sindrom metabolik menunjukkan bahwa suplemen histidin dapat menurunkan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan ketahanan insulin.

Sedangkan kekurangan histidin dapat menyebabkan anemia dan hipotensi. Nah, supaya tak kekurangan sebaiknya konsumsi, daging ayam, kacang merah, kalkun, ikan tuna, atau daging babi.

  • Metionin

Metionin berperan dalam menjaga kesehatan serta elastisitas kulit dan rambut. Metionin juga membantu menjaga kuku tetap kuat, membantu penyerapan selenium, seng, serta menghilangkan logam berat, seperti timbal dan merkuri.

Asam amino esensial ini bisa Anda peroleh dari konsumsi putih telur, lobster, tuna, kepiting, dan ayam.

  • Treonin

Treonin merupakan komponen yang ada dalam enamel gigi, kolagen, dan elastin, sehingga diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan gigi. Sumber makanan yang mengandung treonin adalah kedelai, putih telur, ikan nila, dan kalkun.

***

Lantaran begitu pentingnya asam amino esensial untuk kebutuhan tubuh, maka amat penting kiranya untuk kita menjaga pasokannya tetap cukup. Mengonsumsi makanan-makanan sehat dan bergizi, utamanya yang disebut di atas amat dianjurkan demi menjaga keseimbangan tubuh kita.

Selain itu, asam amino esensial juga bisa didapatkan dari berbagai macam multivitamin atau suplemen makanan. Namun, Anda harus cermat betul memilih jenis suplemen atau multivitamin tersebut. Pastikan semuanya aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>