Jangan Gunakan Suplemen Peninggi Badan, Lakukan Hal Ini

Beberapa faktor berkontribusi terhadap tinggi badan Anda. Diperkirakan bahwa faktor genetik menyumbang 60 hingga 80 persen dari tinggi akhir Anda. Faktor lingkungan tertentu, seperti nutrisi dan olahraga, merupakan persentase sisanya. Lalu bagaimana dengan suplemen peninggi badan?

Antara usia 1 dan pubertas, kebanyakan orang akan bertambah tinggi sekitar 2 inci setiap tahun. Setelah Anda mencapai masa puber, Anda dapat tumbuh pada tingkat 4 inci per tahun. Namun, setiap orang tumbuh dengan kecepatan yang berbeda.

Pada umumnya, Anda akan berhenti tumbuh lebih tinggi setelah melewati masa puber. Hal ini berarti bahwa sebagai orang dewasa, Anda tidak mungkin menambah tinggi badan Anda meskipun mengkonsumsi suplemen peninggi badan.

Terdapat beberapa kasus di mana suplemen peninggi badan mungkin sesuai untuk menambah tinggi badan pada anak-anak dan memerangi penyusutan pada orang dewasa yang lebih tua. Misalnya, jika Anda memiliki kondisi yang mempengaruhi produksi human growth hormon (HGH) Anda, dokter Anda dapat merekomendasikan suplemen yang mengandung HGH sintetis.

Selain itu, orang dewasa yang lebih tua mungkin ingin mengonsumsi suplemen vitamin D atau kalsium untuk mengurangi risiko osteoporosis.

Jika Anda tidak memiliki kondisi tertentu, Anda harus menghindari suplemen peninggi badan. Karena setelah pelat pertumbuhan Anda menyatu menjadi satu, tidak ada kemungkinan Anda dapat menambah tinggi badan Anda, terlepas dari apa yang diiklankan oleh label suplemen.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sepanjang masa remaja untuk memastikan bahwa Anda memaksimalkan potensi pertumbuhan Anda. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan:

  • Diet seimbang

Selama masa pertumbuhan Anda, sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Diet Anda harus meliputi buah segar, sayuran segar, biji-bijian, protein, dan susu. Anda juga harus membatasi atau menghindari makanan yang mengandung gula, lemak trans, dan lemak jenuh.

Vitamin D juga meningkatkan kesehatan tulang, Anda dapat mengkonsumsi sumber vitamin D yang umum termasuk tuna, susu yang diperkaya, dan kuning telur. Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D dalam diet Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi jumlah harian yang direkomendasikan.

  • Tetap aktif

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat.  Aktivitas ini dapat memperkuat otot dan tulang Anda, membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, dan meningkatkan produksi HGH. Anak-anak juga disarankan untuk harus berolahraga setidaknya satu jam sehari.

  • Lakukan yoga untuk memaksimalkan tinggi badan Anda

Cobalah yoga, latihan seluruh tubuh ini dapat memperkuat otot Anda, meluruskan tubuh Anda, dan membantu postur Anda. Selain itu, yoga akan membantu Anda berdiri lebih tinggi.

Anda harus melanjutkan ini sebagai orang dewasa untuk mempromosikan kesejahteraan secara keseluruhan dan mempertahankan tinggi badan Anda. Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi suplemen peninggi badan yang dijual bebas, karena suplemen-suplemen tersebut biasanya memiliki komposisi yang beraneka ragam.

Dalam kebanyakan kasus, Anda mencapai ketinggian puncak pada saat Anda selesai masa pubertas. Meskipun ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan ketinggian selama masa dewasa, hari-hari pertumbuhan Anda sudah terlewat sehingga penggunaan suplemen peninggi badan tidak disarankan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>