Fakta-Fakta tentang Pemasangan Diamond pada Gigi

Pemasangan berlian di gigi sempat menjadi tren di kalangan pesohor di Amerika Serikat, terutama penyanyi hip hop. Namun kini, seiring bergulirnya waktu beberapa klinik gigi di Indonesia juga menyediakan pemasangan diamond gigi. Tentunya bagi yang tertarik memasang berlian di gigi harus merogoh gocek dalam-dalam.

Berlian gigi menjadi salah satu bentuk perawatan gigi yang memiliki nilai estetika yang lebih baik ketimbang perawatan gigi biasa. Dalam pemasangannya, lempengan yang dipakai berlapis berlian yang dipasang dengan menggunakan lem khusus yang sifatnya temporer. Namun, ada pula metode pemasangan lain dengan  memasang berlian di gigi hal ini menjadikan sifatnya permanen.

Tentang Diamond Gigi

Ribuan dolar dikeluarkan kebanyakan orang Amerika Serikat untuk melakukan pemasangan ini, ini belum termasuk biaya perawatan berlian gigi yang tentunya tidak murah. Dampaknya, banyak orang yang mengambil jalan pintas untuk bisa memiliki berlian di gigi mereka. Biasanya berlian imitasi dipilih untuk memberikan kepuasan tersendiri.

Meskipun biaya yang dikeluarkan untuk memasang berlian gigi terbilang sangat mahal, tetapi proses pemasangan yang bersifat temporer sangat sederhana dan mudah. Hal ini dikarenakan pemasangan yang hanya menggunakan dua bahan saja, berlian dan lem khusus. Proses pemasangan yang rumit harus dilalui jika menginginkan hasil permanen.

Untuk pemasangan permanen, dokter akan menipiskan bagian atas dan depan gigi pasien terlebih dahulu. Lalu melakukan pemasangan mahkota atau implan, biasanya terbuat dari perak atau titanium. Pasien kemudian diharuskan menunggu selama satu bulan untuk menjadikan mahkota padat, setelah itu baru kemudian berlian dipasang.

Perlu diketahui bahwa berlian gigi hanya bersifat kosmetik, meskipun pemasangan yang dilakukan menggunakan prosedur medis dan dokter ahli pada bidangnya. Jika tidak, hal itu akan membuat seseorang yang memasang berlian ini di gigi mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan gigi.

Bahaya Diamond Gigi

Belum ada studi yang menunjukkan bahwa pemasangan berlian gigi membahayakan bagi kesehatan dalam jangka waktu yang panjang. Namun, terdapat salah satu hasil studi yang menyebut bahwa pemasangan berlian gigi mengakibatkan gigi bermasalah. Berikut ini beberapa masalah yang muncul ketika seseorang memutuskan memasang berlian gigi.

  • Plak Menumpuk

Plak merupakan lapisan lengket yang terdapat pada gigi yang terbentuk karena bekas makanan atau minuman. Lapisan ini bisa menjadi rumah dari bakteri yang bisa merusak enamel gigi, jika tidak sering dibersihkan nantinya akan terjadi penumpukan dan memunculkan masalah lain seperti peradangan pada gusi.

  • Gangguan Artikulasi Gigi

Yang dimaksud dengan artikulasi gigi adalah gesekan yang terjadi antara gigi bawah dan gigi atas pada saat keduanya sama-sama sedang bergerak. Jika pemasangan gigi tidak dilakukan dengan pas, nantinya hal itu justru malah mengganggu artikulasi yang mengakibatkan kondisi tidak nyaman pada gigi.

Beberapa masalah dan dampak yang muncul karena pemasangan berlian gigi mungkin bisa membuat beberapa orang mengurungkan niat mereka, disamping itu banyak biaya yang harus dikeluarkan tak hanya untuk pemasangan tetapi juga perawatan juga membuat orang kembali brpikir dua kali.

Apalagi jika pemasangan yang dilakukan menggunakan bahan yang imitasi, tentu akan menambah ancaman bahaya bagi kesehatan gigi. Sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli ketika akan melakukan pemasangan berlian di gigi, hal ini diperlukan agar gigi yang sebelumnya sehat justru rusak dan mengalami masalah karena dilakukan pemasangan berlian di gigi.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>