Cara Ampuh Hilangkan Jerawat di Pipi

Jerawat merupakan salah satu penyakit yang tidak mematikan seperti kanker atau jantung, tetapi munculnya jerawat ini bisa membuat seseorang tidak nyaman dan bahkan sampai memunculkan depresi. Terlebih jika muncul di area wajah, misalnya jerawat di pipi yang secara langsung membuat penampilan seseorang terganggu.

Salah satu kondisi yang parah adalah jerawat bruntusan, dalam dunia medis kondisi itu disebut dengan closed comedones alias whitehead. Jerawat tipe ini akan terasa kasar ketika diraba, permukaannya tertutup dan tampak seperti biang keringat yang berwarna putih atau seperti warna kulit.

Cara Hilangkan Jerawat di Pipi

Sebelum mencoba berbagai obat jerawat yang dijual bebas atau yang direkomendasikan dokter, tidak ada salahnya jika seseorang mengobati jerawat dengan cara alami tetapi ampuh. Termasuk untuk menghilangkan jerawat yang terdapat di pipi. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit tersebut.

  • Uap Panas

Uap panas yang diarahkan ke wajah mampu membuka pori-pori yang tersumbat, seperti yang diketahui bahwa sumbatan pori-pori memang menjadi salah satu faktor penyebab utama terjadinya jerawat bruntusan. Uap panas yang digunakan adalah dari air panas, jadi memerlukan kehati-hatian dalam menggunakannya.

  • Cuka Apel

Cuka apel merupakan bahan alami yang sifatnya asam, salah satu manfaat yang dimiliki adalah mampu mengeringkan dan mengempiskan pori-pori. Cara menggunakannya , campurkan dua sendok makan cuka apel dengan 200 ml air hangat, setelah itu oleskan ke jerawat yang terdapat di pipi atau area pipi yang jerawatan.

  • Air Lemon

Air perasan lemon juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan minyak berlebih, bahkan sekaligus mengatasi peradangan yang terjadi pada jerawar bruntusan di pipi. Cara yang harus dilakukan juga tidak sulit, cukup mencampurkan air lemon dengan air, atau air hangat apabila kulit dari penderita jerawat terlalu sensitif.

  • Madu

Perlu diketahui bahwa madu merupakan bahan dengan sifat antimikroba yang mampu dimanfaatkan untuk mencegah jerawat semakin parah. Selain menghilangkan jerawat, madu juga dapat menyehatkan kulit, cukup oleskan madu ke wajah dan biarkan selama 15 menit sebagai masker wajah.

Obat Jerawat di Pipi

Selain menggunakan bahan alami, mengatasi jerawat yang terdapat di pipi juga bisa mengandalkan obat-obatan khusus. Berbagai macam obat ini kebanyakan sudah teruji secara klinis dalam mengatasi jerawat yang terdapat di pipi. Tak heran jika kebanyakan orang lebih memilih menggunakannya ketimbang memakai cara alami karena lebih mudah dipakai.

  • Benzoil Peroksida

Obat ini dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat hingga menghilangkan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Jerawat bruntusan sampai menyebabkan peradangan, selain itu obat ini dapat digunakan dengan mengoleskan pada area wajah yang diserang jerawat.

  • Asam Salisilat

Asam salisilat bisa mengurangi produksi minyak yang menyumbat pori-pori, kemudian menyebabkan munculnya jerawat. Obat ini juga bisa mengeringkan permukaan kulit sehingga kulit mati yang menyumbat pori-pori juga akan terbuang. Obat ini tetap dapat digunakan setelah jerawat hilang, guna mengatasi jerawat datang kembali.

  • Krim Retinoid

Retinoid merupakan vitamin A dalam versi yang lebih kuat, kekuatan inilah yang dapat digunakan sebagai krim antipenuaan maupun sebagai obat untuk membuka pori-pori. Cara penggunaan krim ini sedikit merepotkan karena harus dioleskan ke seluruh bagian wajah, tak hanya pada area yang mengalami jerawatan, sehingga membuat kulit wajah lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>