Agar Lebih Saling Mengerti, Kenali 5 Bahasa Cinta

Memahami 5 bahasa cinta membantu pasangan untuk saling mengerti satu sama lain.

Mengelola relasi, baik pernikahan maupun relasi berpacaran, sama sekali tidak mudah. Semua pihak berharap dimengerti. Namun, beberapa orang mungkin kesulitan untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh pasangannya. Dengan mengenal konsep bahasa cinta, hal tersebut dapat diatasi.

Apa itu konsep bahasa cinta?

Konsep bahasa cinta dirancang oleh Dr. Gary Chapman melalui bukunya The Love Language. Buku tersebut sebetulnya sudah diterbitkan sejak 1992, kembali populer beberapa waktu belakangan ini.

Dalam buku tersebut, Dr. Chapman menyatakan bahwa ada 5 poin yang diinginkan oleh setiap individu dari pasangannya. Kelima poin tersebut kemudian dinamakan 5 bahasa cinta.

1. Words of affirmation

Seseorang dengan profil bahasa cinta words of affirmation akan menyukai ekspresi kasih sayang yang disampaikan dengan kata-kata. Orang tipe ini akan merasa sangat dicintai ketika dipuji atau diberi ucapan ‘aku sayang kamu’.

2.Acts of service

Berbeda dengan words of affirmation, orang yang memiliki bahasa cinta acts of service menganggap bahwa tindakan berbicara lebih kuat daripada kata-kata. Jadi, jika pasangan Anda memiliki bahasa cinta ini, ia akan lebih senang ketika Anda bertindak sesuatu, meski sederhana.

Sebagai contoh, menyiapkan sarapan untuk pasangan Anda. Anda juga bisa memberikan bantuan kecil, seperti membantu pasangan mencuci piring atau membantu memotong bawang ketika pasangan sedang memasak, dan lain sebagainya.

3. Receiving gifts

Nah, bagi beberapa orang, diberi hadiah membuatnya merasa sangat dicintai. Bila pasangan Anda memiliki bahasa cinta ini, secara rutin memberinya hadiah akan sangat membahagiakan bagi pasangan.

Tidak harus sesuatu yang mahal, hadiah sederhana pun tidak masalah. Biasanya, individu dengan bahasa cinta ini akan menghargai maka di balik hadiah dan cenderung mengingat setiap hadiah yang pernah diberikan oleh pasangannya.

4. Quality time

Bahasa cinta yang satu ini adalah tentang memberikan pasangan perhatian penuh. Tindakannya bisa sangat sederhana kok, misal tidak mengecek gawai Anda ketika pasangan sedang bercerita tentang hari yang ia lalui. Alih-alih mengecek gawai, Anda justru mendengarkan dengan penuh perhatian dan menatap mata pasangan Anda. Ia pasti akan sangat bahagia.

Individu dengan bahasa cinta ini akan lebih mementingkan kualitas dibanding kuantitas. Baginya, tidak sering bertemu mungkin tidak masalah, tetapi ketika Anda berdua dengan pasangan, ia akan merasa dicintai bila Anda fokus padanya.

5. Physical touch

Tidak ada yang memberikan kesan lebih dalam bagi individu dengan bahasa cinta ini, selain sentuhan fisik yang tepat. Sentuhan fisik di sini bukan hanya saat Anda dan pasangan berhubungan intim, tetapi ekspresi-ekspresi kasih sayang di luar itu. Misal, menggenggam tangannya atau membelai rambutnya sebelum tidur.

Karena tipe ini sangat ingin dekat secara fisik dengan pasangan, maka cuddle biasanya menjadi hal favorit. Anda mungkin bisa meluangkan waktu untuk menonton bersama di rumah sambil berpelukan.

Bagaimana memahami bahasa cinta pasangan?

Memahami bahasa cinta pasangan memang tidak mudah, butuh pengamatan yang teliti. Tapi, biasanya Anda dapat memahami bahasa cinta pasangan dari cara ia memperlakukan orang lain, termasuk merespon diri Anda. Apabila ia suka menyampaikan kalimat positif dan manis, kemungkinan pasangan Anda memiliki bahasa cinta words of affirmation.

Tak hanya itu, dari keluhan pasangan, Anda juga dapat menggali informasi terkait bahasa cinta. Sebagai contoh, bila pasangan mengeluh tentang Anda yang fokus pada gawai dan tidak mendengarkannya bicara, mungkin bahasa cinta pasangan adalah quality time. Selamat mengamati kebiasaan pasangan Anda untuk memahami bahasa cintanya. Sehingga hubungan Anda berdua menjadi lebih harmonis.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>