6 Alasan Mengapa Memilih Kosmetik Cruelty Free

6 Alasan Mengapa Memilih Kosmetik Cruelty Free

Apakah Anda termasuk orang-orang yang selalu melihat tabel kemasan sebelum membeli sebuah produk? Terlebih lagi pada produk, makanan dan kosmetik, di mana produk tersebut akan langsung bersentuhan langsung dengan tubuh kita. 

Jika hal tersebut telah menjadi kebiasaan, tentu Anda pernah membaca atau tahu tentang Cruelty free? Betul, pada beberapa produk kecantikan atau kosmetik siap pakai terdapat keterangan tersebut. Apa sih sebenarnya cruelty free tersebut dan apa alasan Anda harus memilih produk dengan keterangan tersebut. 

Apa itu cruelty free?

Cruelty free yang biasa terdapat pada beberapa produk kosmetik menunjukkan bahwa produk tersebut tidak melalui proses pengujian pada hewan terlebih dahulu, baik bahan atau komponen hingga produk akhir (produk jadi). Jadi, dengan kata lain produk yang mencantumkan keterangan cruelty free berarti tidak membahayakan atau membunuh hewan dalam prosesnya. 

Walaupun begitu, sampai saat ini masih saja ada kosmetik yang menggunakan bahan baku dari hewan, seperti lilin lebah atau asam laktat dari susu sapi. Jadi, jika bahan baku yang digunakan untuk produk tersebut diperoleh tanpa menyakiti hewan, maka produk tersebut tergolong cruelty free, begitupun pada pengujian produknya. 

Alasan memilih produk kosmetik cruelty free

  1. Produk lebih sehat

Saat Anda memilih produk yang tidak diuji pada hewan, Anda juga akan membuang bahan kimia buruk seperti paraben, sulfat, dan pewarna sintetis. Produk kosmetik yang berfungsi untuk membersihkan akan lebih baik bagi kulit Anda jika tidak terdapat keterangan tersebut, yang berarti lebih sedikit kemungkinan munculnya jerawat, alergi, dan pembengkakan. Perusahaan yang tidak ingin menyakiti hewan dalam proses pembuatannya, pun ingin menghindari menyakiti orang dengan produknya.

  1. Tidak hanya diuji pada tikus

Pada sebuah penelitiannya menunjukkan bahwa tikus bukan satu-satunya makhluk berbulu yang menjalani pengujian kosmetik. Bahkan, kucing, anjing, dan kelinci pun terkena bahan kimia yang tidak akan pernah kita bayangkan untuk digunakan pada hewan peliharaan kita sendiri. Hewan percobaan biasanya disimpan dalam kendang kecil dan sering kali menjadi cacat, buta, atau yang lebih parahnya bisa terbunuh. Memang terdengar mengerikan, oleh karena itu memilih produk dengan keterangan tersebut akan membantu hewan-hewan tersebut juga. 

  1. Lakukan perubahan dari diri kita

Dengan tidak membeli produk yang menggunakan hewan sebagai bahan percobaannya, maka Anda sedikit banyak telah melakukan perubahan yang berarti untuk lingkungan. Jadi, mulailah dari diri sendiri untuk tidak menyakiti hewan maupun lingkungan. Ketika beberapa orang, bahkan lebih banyak lagi mengambil sikap yang sama, maka produk kosmetik yang menggunakan proses tersebut mulai sadar dan merubah pengujian mereka dengan cruelty free. Jadi, bijaklah dalam memilih produk kecantikan. 

  1. Tidak perlu menguji pada hewan

Ada lebih dari ribuan bahan kosmetik yang sudah terbukti aman dan tidak melakukan uji percobaan pada hewan. Jadi, jika Anda dan lebih banyak orang lagi memilih produk yang tidak menggunakan hewan pada uji cobanya maka banyak perusahaan maupun produk kecantikan pun yang akan menggunakan metode yang sama. 

  1. Menggunakan lebih sedikit bahan kimia

Bahan kimia yang biasanya digunakan dalam produk yang diuji pada hewan, biasanya akan berbahaya tidak hanya bagi mereka yang menggunakannya pada kulit saja, tetapi juga berbahaya bagi planet ini. Bahan kimia yang bahkan sulit untuk dicerna, belum tentu juga akan aman di wajah Anda. Sebaliknya, pilihlah kosmetik dengan bahan-bahan yang lebih alami yang merupakan pilihan terbaik bagi manusia dan hewan di sekitar kita. 

  1. Membuat Anda lebih bahagia

Kenapa lebih bahagia? Pasalnya, jika Anda memilih kosmetik dengan keterangan cruelty free maka Anda membeli produk yang bebas dari penyiksaan dan mendukung hewan-hewan serta membantu bumi ini dengan berbagai cara. Kita bisa melakukan hal baik apapun untuk bumi ini, salah satunya dengan beralih menggunakan produk kecantikan cruelty free. Yuk, sayangi bumi dengan menjaganya dan menyayangi hewan-hewan di dalamnya dan tidak menggunakan produk yang melibatkan hewan dalam proses pembuatannya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>